11 Cara Membuat Donat Kentang Dengan Resep Praktis, Sederhana Ala Kampung

Cara membuat donat kentang dengan resep praktis dan sederhana ala kampung – Donat kentang salah satu cemilan yang begitu populer di negara kita bahkan sampai di dunia. Kue donat dengan cara membuatnya menggunakan adonan dari tepung terigu, telur, mentega dan gula pasir sangat lunak untuk dikonsumsi. Siapa sih yang tidak kenal dengan kue donat.

Cara membuat donat kentang, Resep donat sederhana untuk dijual, Resep donat kampung

Ciri khas kue yang lunak satu ini mempunyai bentuk yang bulat serta memiliki lubang di tengahnya mirip cincin, dan rasanya juga manis dan gurih.

Baca juga : Cara Membuat Salad Sayur

Pada umumnya kue donat ini di buat menggunakan bahan dasar seperti tepung terigu, namun sekarang ini tidak sedikit pembuat donat memberikan variasi sesuai kreatifitas si pembuat donat tersebut.

Di Indonesia sendiri disetiap kota kue donat sudah menjadi jajanan kuliner yang sangat mudah ditemukan, bahkan sampai di desa dan di kampung terpencil pun sudah banyak yang menjual kue donat. Dan dengan variasi dan rasa yang juga berbeda.

Ini di karenakan cara membuat donat sangatlah mudah, hampir setiap ibu-ibu bisa membuatnya.

Nah sedikit ulasan buat Anda tentang kue donat sebelum Anda melangkah ke cara membuat donat.

Hingga sekarang pertanyaan-pertanyaan tentang siapa yang paling pertama membuat donat ini masih sering di perdebatkan.

Menurut informasi dari "National Dunking Association of Amerika" (NDAA), Yang pertama kali membuat donat ialah Hanson Crocket Gregory. Namun di lain pihak seperti Suku Indian pun mengklaim kalau suku merekalah yang pertama kali membuat donat atau menciptakan.

Namun siapapun itu yang membuat, jelasnya kue donat yang dijuluki juga dengan nama kue cincin ini sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya enak dan lunak saat digigit.

Dan bukan hanya itu, peluang usaha menjual kue donat sangat terbuka lebar karena pembelinya tidak akan habis disebabkan sangat banyak yang menyukainya. Sama halnya dengan bisnis aneka makanan ringan yang selalu ada peminatnya.

Jadi, jangan ragu buat Anda yang ingin merambah bisnis rumahan jualan donat sebab pembeli tidak pernah berkurang.

Anda pasti mengenal kan Dunkin' Donuts ?

Bukan tidak mungkin nantinya donat yang anda buat bisa lebih enak lagi dan bisa lebih terkenal dari Dunkin' Donuts. Semua kembali dari si pembuat donat, jika menerapkan kreatifitas tinggi pasti membuat donat dengan rasa yang menggoda pasti akan tercipta.

11 CARA MEMBUAT DONAT KENTANG


Walaupun cara membuat donat sangat mudah untuk dibuat, namun masih banyak yang menganggap sulit membuatnya. Padahal sudah banyak tersedia resep donat sederhana untuk dijual ke masyarakat demi mencukupi kehidupan sehari-hari atau hanya untuk dijadikan cemilan dipagi hari.

Dan mudahnya lagi karena cetakan donat sekarang ini sangat banyak modelnya antara lain :

  1. Cetakan donat Huruf
  2. Cetakan donat cair
  3. Cetakan donat goreng
  4. Cetakan donat karakter
  5. Cetakan donat mini
  6. Cetakan donat manual


Jadi tidak melulu donat bentuknya bulat, variasi dan kararteristrik yang Anda buat bisa menjadi donat yang laris manis di pasaran.

Nah, kalau begitu langsung saja ikuti resep donat kampung dan ini juga salah satu resep donat peraktis berikut :

Bahan-bahan :

  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram kentang
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 100 gram mentega
  • 100 gram gula pasir
  • 11 gram ragi instan
  • 1/2 sdm teh garam
  • 4 butir kuning telur
  • 1 liter minyak goreng
  • 100 ml air dingin


Cara Membuat :

1. Langkah pertama bersihkan terlebih dahulu kentang hingga bersih. Lalu rebus kentang ke dalam panci dengan air bersih sampai menjadi lunak dan benar-benar sudah matang.

2. Langkah selanjutnya kupas kentang dari kulitnya kemudian kentang di potong menjadi kecil lalu di tumbuk hingga menjadi halus.

3. Kemudian, ambil wadah lalu masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu tambahkan ragi instant, susu bubuk, dan gula pasir dan hingga benar-benar merata.

4. Selanjutnya masukkan lagi ke dalam adonan kentang yang sudah menjadi halus lalu aduk lagi hingga rata.

5. Nah, kemudian Anda tambahkan air dingin, kuning telur, mentega dan garam yang sudah disiapkan lalu aduk terlebih dahulu sampai rata, lalu aduk sambil adonan di remas-remas menggunakan tangan sampai adonannya tidak terasa lengket.

6. Kalau sudah selesai, pindahkan adonan ke wadah yang lain yang bersih kemudian tutup adonan dengan memakai kain basah, dan diamkan terlebih dahulu hingga 30 menit biar adonan menjadi mengembang.

7. Nah, kalau adonan sudah mengembang, cara selanjutnya dengan mengambil adonan lalu membentuknya menjadi lingkaran, lalu membuat lubang di tengah lingkarannya.

8. Donat yang sudah Anda bentuk, kemudian di letakkan di atas wadah atau piring yang sebelumnya sudah di beri sedikit tepung agar donat tidak lengket.

9. Selanjutnya diamkan donat kurang lebih 20 menit.

10. Nah, sambil menunggu silahkan panaskan terlebih dulu minyak gorengnya, kemudian lanjut dengan cara di goreng sambil donat di bolak- balik sampai warnanya menjadi kuning kecoklatan yang menandakan donat sudah matang.

11. Tiriskan terlebih dahulu sebelum Anda mengoleskan sedikit mentega ke atas donat dan tambahan meises diatasnya atau kalau tidak suka meises, gula halus juga bisa atau terserah kesukaan Anda ingin menaburkan aneka toping apa.

Cara membuat donat kentang, Resep donat sederhana untuk dijual, Resep donat kampung

Cara membuat donat kentang, Resep donat sederhana untuk dijual, Resep donat kampung

Cara membuat donat kentang, Resep donat sederhana untuk dijual, Resep donat kampung

Nah, mudah kan cara membuat donat kentang yang begitu sederhana. Resep praktis tapi bisa di variasi sesuai karakter pembuatnya. Semoga bermanfaat...


Mungkin Anda Juga Ingin Melihat :

0 Comments


EmoticonEmoticon