6 Bisnis Di Desa Yang Selalu Menjanjikan Keuntungan

Advertisement
Bisnis tidak harus melulu identik dengan kota, karena pedesaan juga layak dijadikan sebagai tempat berbisnis. Meskipun suasana dan pola hidup masyarakat desa dengan masyarakat kota jauh berbeda, namun membuka peluang bisnis di desa juga bisa menghasilkan keuntungan asalkan bisnis di desa yang dijalankan cocok untuk masyarakat desa.

Bisnis Di Desa

Oleh karena itu, mereka yang ingin membuka usaha di desa harus mempelajari bagaimana kehidupan desa dan hal-hal apa saja yang memang mereka butuhkan.

Untuk mendirikan bisnis di desa, anda tidak harus menyewa ruko atau bangunan lain yang membutuhkan biaya besar.

Manfaatkan saja ruangan di rumah atau membuat ruangan baru di depan rumah dengan menggunakan kayu, agar modal anda tidak terlalu besar.

Berikut Beberapa Peluang Usaha Bisnis Di Desa Yang Dapat Dijalankan :



1. Bisnis Di Desa Dengan Buka Toko Pertanian

Masyarakat desa masih menggantungkan sepenuhnya hidupnya kepada pertanian, baik itu untuk dikonsumsi secara pribadi atau menjualnya kembali.

Dalam menggarap sawah, kebun, ataupun lahan, tentu petani akan menghadapi masa-masa sulit dimana tanaman yang digarapnya terkena hama, penyakit, dan gangguan lain.

Untuk mencegah dan mengatasi permasalahan tersebut, petani membutuhkan pupuk, pestisida, dan sarana produksi lainnya.

Permasalahan yang dihadapi petani bisa dijadikan sebagai peluang bisnis di desa dengan cara mendirikan toko pertanian.

Dengan demikian, anda bisa meraup penghasilan dan tentu membantu petani untuk mengatasi permasalahannya tanpa harus membeli ke kota.

Baca juga : Bisnis Kecil juga Bisa Sukses dengan Cara Ini

2. Toko Makanan Ternak

Selain pertanian, masyarakat desa juga memelihara berbagai macam ternak seperti ayam, burung, kambing, sapi, dan kerbau.

Hampir setiap rumah pasti memiliki beberapa ayam.

Anda bisa membuka Toko Makanan Ternak yang menjual makanan ternak dan obat-obat lain yang dibutuhkan ternak.

3. Toko Kelontong

Di pedesaan belum tentu ada supermarket.

Mungkin hanya beberapa desa swadaya yang memiliki satu minimarket di dalamnya.

Lagipula, minat masyarakat desa untuk berbelanja di pasar swalayan seperti itu masih kurang, karena harga yang sudah pasti dan tidak bisa ditawar.

Sementara itu, jika berbelanja di pasar tradisional, mereka bisa menawar harga.

Kurangnya minat masyarakat untuk berbelanja di pasar swalayan bisa anda jadikan peluang untuk membuka toko kelontong atau bisnis aneka makanan ringan.

Dalam hal ini, anda tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, karena anda cukup mengisinya dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Semakin lengkap barang yang anda sediakan, maka akan semakin banyak masyarakat yang mau berbelanja.

4. Usaha Menjahit

Peluang usaha ini sangat besar di desa, mengingat masyarakat desa memiliki pola hidup yang jauh lebih hemat dibanding kota, sehingga saat ada pakaian dan busana lainnya yang robek, mereka akan memperbaikinya.

Selagi masih diperbaiki, mereka akan memperbaikinya dan tidak langsung menggantinya dengan membeli pakaian baru.

Jika bagian yang robek hanya ditutup dengan jahitan tangan, biasanya tidak akan bertahan lama, karena itu mereka biasanya akan meminta bantuan penjahit yang menggunakan mesin jahit.

Selain itu, dengan adanya penjahit, mereka juga akan lebih mudah membuat pakaian sesuai keinginan.

Misalnya, Pembuatan Kebaya, Baju Pesta, Hijab, Maupun Mukena, dan ini juga salah satu dari sekian banyak ide bisnis rumahan untuk ibu ibu rumah tangga yang tinggal di desa.

5. Kursus Komputer Dan Bahasa Inggris

Untuk hal ilmu pengetahuan alam, anak-anak desa cenderung lebih mudah memahaminya karena sehari-hari mereka hidup berdampingan dengan alam.

Lain halnya dengan ilmu komputer dan bahasa inggris yang masih kurang diketahui masyarakat desa.

Namun, di era yang semakin canggih, banyak orangtua di desa yang semakin sadar akan pentingnya kedua ilmu ini, sehingga mau menganjurkan anak-anak mereka untuk mengikuti kursus.

Untuk bidang ini, yang anda butuhkan adalah kecakapan, pemahaman yang lebih, keterampilan, dan tentu kesabaran dalam menghadapi anak-anak desa yang suka bertanya dan selalu ingin tahu.

6. Counter Hp

Hp bukanlah hal asing lagi bagi masyarakat di desa.

Paling tidak satu rumah memiliki satu Hp untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, anda bisa membuka usaha counter Hp yang menjual berbagai Hp dengan harga murah, Pulsa, dan membuka jasa perbaikan Hp.

Pasti akan sangat menguntungkan, Apalagi jika Anda padukan dengan Usaha Cetak Foto Rumahan, Di jamin pasti penghasilan anda juga akan bertambah.

Nah, itu dia beberapa bisnis maupun usaha yang bisa Anda jalankan di desa, Semoga bermanfaat, jangan lupa di share ya.., Biar lebih bermanfaat

Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon