Ada Tur Horor ke Bekas Rumah Sakit Jiwa

Ada Tur Horor ke Bekas Rumah Sakit Jiwa (Kumpulan Informasi) - Bentuk rumah sakit jiwa di AS yang kita tonton di film horor Hollywood, memang begitulah adanya. Bangunannya menjulang seperti kastil, suram, sepi dan menyeramkan. Namun, tur ke bekas rumah sakit jiwa sungguhan ada.

Tur Horor

Di berbagai kota di AS, ada puluhan rumah sakit jiwa yang terbengkalai dan tidak terpakai, kebanyakan karena bangkrut. Padahal, rumah sakit jiwa ini dibangun dengan arsitektur yang cantik dan oleh karenanya menjadi bangunan bersejarah. Potensi wisata sejarah, tentu saja ada. Namun tak bisa dipungkiri, bangunan semacam ini kental dengan nuansa horor.

Aneka bangunan seram bekas rumah sakit jiwa di AS, biasanya dibangun di sekitar padang rumput yang hijau dan sepi, bangunannya menjulang seperti istana, pembangunannya pada 1848-1890 dalam proyek bernama Kirkbride Plan yang digagas dokter Thomas Story Kirkbride (1809-1883).

Dia adalah ketua himpunan dokter jiwa AS yang bercita-cita, membangun rumah sakit indah seperti istana untuk membantu kesembuhan pasien sakit jiwa. Maka dibangunlah puluhan RS jiwa seperti kastil bergaya Victoria. Namun sayang, 100 tahun kemudian bangunan-bangunan ini terbengkalai.

Untuk itu dilakukan sejumlah upaya untuk melestarikan bangunan yang bersejarah ini. Ada forum, situs internet, komunitas-komunitas dan lain-lain yang mencoba menjaga gedung-gedung Kirkbride ini di berbagai kota.

Salah satunya dengan menawarkan wisata sejarah berupa tur ke bangunan bekas RS jiwa ini. Dari situs resminya, beberapa pihak menawarkan tur ke bekas rumah sakit jiwa ini.

Wisatawan bisa melihat bekas ruang para pasien, ruang makan, ruang perawatan, ruang terapi dan aneka ruang lain. Suasananya beberapa memang membuat hati menciut. Beberapa perkakas medis dibiarkan begitu saja. Banyak noda-noda di lantai dan dinding yang membuat pengunjung bertanya-tanya apakah itu bekas darah atau cairan kimia. Hiiii!

Ada tur ke bekas RSJ Buffalo di New York. Tur berlangsung selama satu jam, setiap hari Sabtu. Sementara itu, bekas RSJ Clarinda di Iowa kini sebagian gedungnya digunakan sebagai museum RSJ tersebut, dengan aneka peralatan aslinya. Saat acara khusus, dewan pariwisata kota juga membuka tur ke RSJ Clarinda untuk mengenangnya sebagai bangunan bersejarah.

Tur juga diadakan di RSJ Saint Elizabeth di Washington DC, namun tur ini temporer saja. RSJ ini akan direnovasi dan dijadikan kantor Departemen Keamanan Dalam Negeri AS.

RSJ Weston di West Virginia juga memiliki tur reguler ke bekas rumah sakit jiwa itu. Bahkan RSJ ini pernah dipakai syuting acara TV 'Ghost Adventures' karena menyeramkan.

Tapi untuk urusan seram, tidak ada yang mengalahkan RSJ Danvers di Massachusetts. Aneka kisah para pasien dan bangunannya sudah dijadikan novel dan buku sejarah. Bahkan Hollywood melakukan syuting film horor 'Session 9' yang rilis pada 2001, di gedung RSJ ini.

Selama tur, Anda akan ditemani pemandu. Tapi memang, tur ke bekas RSJ yang tua, suram dan mengerikan memang butuh nyali lebih. Berani?

sumber : www.travel.detik.com

Mungkin Anda Juga Ingin Melihat :

0 Comments


EmoticonEmoticon