Penyakit Maag - Gejala Dan Jenisnya, Serta Bagaimana Cara Menyembuhkannya

Advertisement
Maag atau Gastritis yang mana banyak orang tahu adalah produksi asam lambung yang sangat berlebihan yang disebabkan adanya luka pada lambung. Belakangan diketahui kalau penyakit maag juga dapat terjadi lantaran dari seragan bakteri Helicobacter Pylori yang dapat mengakibatkan infeksi pada lambung serta pada usus dua belas jari.

Penyakit Maag - Gejala Dan Jenisnya, Serta Bagaimana Cara Menyembuhkannya
Image source; pexels.com
Penyebab penyakit maag bukan hanya karena adanya luka pada lambung namun juga bisa karena seseorang penderita memiliki kebiasaan makan yang tidak teratur, sering mengonsumsi obat-obatan tertentu, terdapat mikroorganisme yang sangat merugikan, atau akibat lainnya seperti suka mengonsumsi alkohol, tidak menjaga pola tidur atau tidak teratur serta stress.

Maag juga dapat muncul kalau si penderita sering terlambat makan, dan pada saat makan si penderita maag langsung makan dengan porsi yang banyak. Buat penderita maag yang memang sudah parah, penyakit tersebut bisa sangat berbahaya sekali serta bisa mengakibatkan kematian.

Selain itu banyak yang percaya kalau penderita maag memiliki pantangan dari beberapa jenis minuman serta makanan yang tidak boleh dikonsumsi, yakni tidak boleh minum kopi (sebab bisa meningkatkan kadar asam lambung), makan makanan yang sangat pedas atau asam (jenis makanan yang merangsang perut).

Terdapat Beberapa Tahap Dalam Penyakit Maag


  1. Maag Ringan: Jenis ini masih tergolong pada tahap ringan yang pada umumnya setiap penderita pada tahap ini, kalau dilakukan pemeriksaan maka akan terlihat tingkat asam pada lambung berlebihan pada bagian dinding.
  2. Maag Sedang: Pada tahap ini sudah dapat menyebabkan rasa nyeri, mual serta rasa sakit yang menyakitkan.
  3. Maag Kronis: Tahap ini adalah dimana maag yang diderita sudah termasuk parah intensitasnya di banding penyakit maag biasa dan akan melangkah ke Tahap 4 jika tidak di tangani secara serius.
  4. Kanker lambung


Umumnya gejala yang di timbulkan yaitu terasa sakit pada saat buang air besar, Muntah dan mual, Sering terasa lapar, Perut kembung, dan merasakan nyeri yang luar biasa.

Biasanya untuk menyembuhkan atau meredakan, penderita perlu minum obat maag kalau dibutuhkan.

Tetapi maag juga dapat kita cegah dengan cara makan teratur dan tidak berlebihan secukupnya saja, sebelum makan cuci tangan terlebih dahulu serta jangan suka jajan sembarangan.

Konsumsi Spirulina secara rutin, dan selain itu getah dari lidah buaya juga banyak yang percaya sebagai cara menyembuhkan penyakit maag secara alami.

Dan kalau memang (menurut desas-desus) penyakit maag juga diakibatkan oleh ulah dari Bakteri Helicobacter Pylori, bakteri tersebut bisa dibasmi dengan mengonsumsi tempe.

Loh… Apa bisa...?

Karena tidak sedikit orang yang mengatakan kalau tempe memiliki kandungan jamur yang secara alamiah bisa membasmi bakteri, namun tentu saja harus dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan.

Penasaran...? Silahkan anda coba mulai konsumsi tempe ya...
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon