Menghemat Uang Itu Tidak Harus Membuat Keluarga Hidup Melarat

Uang memang tidak bisa disepelekan di zaman sekarang ini. Gaya hidup di masa ini membuat benda yang satu ini begitu penting sehingga tidak jarang menjadi salah satu pemicu pertengkaran dalam rumah tangga.

Ketidakmampuan anda mengelola dan menghemat uang secara bijak bisa membuat permasalahan serius dalam keluarga anda.

Banyak orang yang membiasakan hidup hemat, namun cenderung mereka melakukannya dengan cara mengorbankan kebutuhan keluarganya yang pada dasarnya merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Sehingga orang-orang yang melakukan penghematan anggaran terkesan pelit dan kikir dalam menggunakan uang bahkan terlihat seolah-olah menyiksa keluarganya dengan memotong anggaran kebutuhannya.

Tips Menghemat Uang


Berikut ini adalah tips berhemat dengan tidak banyak menyiksa keluarga anda.

tips berhemat

Hemat Listrik


Jika acara TV lagi nggak ada yang bagus, ya sebaiknya dimatikan saja daripada membuang listrik tak berguna. Anda bisa melakukan aktivitas lain bersama keluarga misalnya tidur siang, main bola, atau bersantai di teras rumah.

Jika sedang makan, usahakan TV dimatikan sehingga anda bisa berbincang penuh dengan keluarga sambil makan. Biasakan anak-anak untuk mematikan lampu ruangan yang tidak terpakai saat tidur.

Pilih Chanel TV yang penting-penting saja


Jika TV anda di rumah menggunakan jasa TV kabel, maka pilihlah channel seperlunya. Gunakan secara bijak dan perlu tidaknya bagi keluarga anda. Biasanya TV kabel akan menambahkan biaya yang lebih ketika anda ingin menambah channel.

Jika anda memilih 200 channel lalu yang sering nada tonton hanya 10 channel, maka 190 channel itu tentunya sebuah pemborosan uang. Ngapain membeli 200 channel kalau hanya menonton 10 channel?

Biasakan Makan Di Rumah


Memang sih makan di luar itu lebih asyik dan bisa mendapatkan suasana baru, tapi ingat anggaran anda akan terkuras habis tanpa disadari.

Makan di rumah itu bisa menghemat anggaran anda hingga 50% lebih daripada makan di luar. Atau jika anda malas masak, pilih makanan yang cepat saji saja misalnya bakso instan, bubur instan, telur goreng dan lain-lain yang lebih praktis.

Memilih Jasa dan Sarana Komunikasi


Jika handphone atau telepon sangat penting bagi anda setiap hari, carilah layanan operator yang bisa menghemat anggaran pulsa anda. Sudah banyak operator terutama GSM yang memberikan tarif hemat gila-gilaan sehingga memudahkan kita.

Tetapi paket hemat itu biasanya berlaku untuk komunikasi dengan teman yang menggunakan layanan operator yang sama. Karena itu ikutilah tren layanan operator yang paling banyak digunakan oleh teman-teman dan keluarga anda.

Baca juga : Terlalu Sering Periksa Ponsel Bisa Bikin Orang Makin Stres

Gotong Royong Lakukan Kerjaan Rumah


Daripada menyewa jasa pembantu hingga mengeluarkan uang ratusan ribu bahkan jutaan setiap bulan, sebaiknya anda kerjakan sendiri kerjaan rumah seperti menyapu, bersihkan mobil, cuci piring dan sebagainya.

Ajak anggota keluarga anda untuk bersama-sama untuk beres-beres di dapur, atau bisa anda jadwalkan siapa yang akan bereskan kerjaan rumah setiap hari. Ini juga akan mendidik anak anda agar bisa menjadi pekerja keras dan tidak manja di kemudian hari.

Lalu bagaimana cara mengatur anggaran keuangan rumah tangga agar anda bisa mengontrol pengeluaran bulanan? Sebaiknya jangan anda lewatkan tipsnya ya.., Semoga bermanfaat

Mungkin Anda Juga Ingin Melihat :

0 Comments


EmoticonEmoticon