Cara Jitu Memulai Usaha Tanpa Modal Besar

Advertisement
Cara Jitu Memulai Usaha Tanpa Modal Besar - Ada begitu banyak orang yang merasa segan bahkan malu untuk meminjam modal kepada orang lain, hingga akhirnya mereka hanya menunggu sampai ada orang yang sadar dan mau membantu permodalan tersebut.

Usaha Tanpa Modal Besar


Pada akhirnya, hal seperti inilah yang menjadi hambatan bagi seseorang untuk memulai usahanya. Bahkan rencana usaha yang telah tersusun dengan baik tidak terrealisasikan karena permasalahan modal.

Jika permasalahan seperti ini terus-menerus terjadi dan dibiarkan, maka seseorang tidak akan pernah memulai usahanya. Karena itu, diperlukan langkah-langkah konkrit untuk dapat mengatasinya. Hal yang mungkin bisa dilakukan adalah merancang usaha yang tidak membutuhkan modal besar.

Namun tentu akan banyak orang yang menyatakan bahwa itu tidak mungkin, karena kebanyakan masyarakat telah berasumsi bahwa tanpa modal besar sebuah usaha tidak akan berjalan. Untuk mengatasi hal itu, diperlukan pemikiran yang kreatif dan mendalam agar sebuah usaha tetap dapat berjalan tanpa harus meminjam modal kepada orang lain. Karena Bisnis Kecil juga Bisa Sukses dengan Cara Ini.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha tanpa harus menggunakan modal besar:




1. Tidak Menggunakan Lokasi yang Nyata

Cara pertama yang bisa ditempuh adalah dengan meniadakan lokasi atau tidak menggunakan lokasi yang nyata. Itu berarti seseorang dapat menjalankan usahanya tanpa harus menggunakan lokasi yang khusus. Hal ini bisa dijalankan dengan berjualan berkeliling, memasarkan lewat SMS, telepon, ataupun memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Blog, Twitter, dan sebagainya.

Misalnya, anda yang ingin berjualan keripik bisa langsung menjualnya di kampus dan menawarkannya kepada teman-teman anda. Anda juga bisa melakukan door to door di areal kost mahasiswa dan menawarkannya secara langsung. Jika sudah seperti ini, biasanya target yang dikunjungi akan merasa tidak enak jika tidak membeli, karena mereka juga melihat usaha anda dalam mendatangi rumah-rumah kost satu per satu, apalagi jika anda berjalan kaki.

Cara lain yang dapat anda lakukan ialah dengan mengirimkan SMS yang mengatakan bahwa anda tengah berjualan keripik. Sebutkan harganya dan terima kesanggupan untuk mengantarkannya jika target berada tidak jauh dari tempat tinggal anda.

2. Mencari Lokasi yang Gratis

Jika anda benar-benar memerlukan lokasi, namun biaya penyewaannya cukup mahal, anda bisa mencari lokasi yang tidak memerlukan biaya alias gratis. Anda dapat membuka usaha di garasi rumah, lokasi milik keluarga, taman atau lapangan di sekitar perumahan, bahkan lokasi yang tidak memiliki pemilik juga bisa anda gunakan. Secara otomatis, lokasi yang tidak memiliki pemiliki bisa digunakan secara bebas untuk berjualan.

3. Menggunakan Sistem Bagi Hasil

Cara ini bisa dilakukan jika anda pandai bernegoisasi. Ajukanlah negoisasi dengan pemilik lokasi untuk memperoleh kesepakatan bagi hasil. Misalnya 10% dari hasil seluruh penjualan akan anda bayarkan di bulan kedua.

Dengan begitu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya penyewaan lokasi di awal, melainkan diganti dengan pembayaran secara rutin setiap bulannya, dimulai dari bulan kedua.

4. Membayar dengan Angsuran

Sebelum membuka usaha, anda dapat mengajukan negoisasi dengan pemilik lokasi agar diberikan kesempatan untuk membayar sewa lokasi dengan cara mengangsur. Berikan penjelasan yang detail namun tidak bertele-tele mengapa anda tidak bisa membayar biaya penyewaan di awal. Katakan saja bahwa anda masih baru akan memulai usaha tersebut. Kemungkinan besar pemilik lokasi akan memberikan dispensasi dengan mengizinkan anda untuk membayar biaya sewa dengan cara mengangsur baik harian, bulanan, maupun tahunan.

5. Menukar Biaya Lokasi dengan Hal Lain

Mungkin cara ini jarang dilakukan, akan tetapi cara ini sangat memungkinkan bagi sseseorang yang tidak memiliki modal besar. Anda bisa menukar biaya lokasi dengan hal lain yang memberikan manfaat bagi pemilik lokasi atau istilahnya simbiosis mutualisme.

Misalnya, anda ingin membuka usaha di depan rumah sebuah keluarga yang tidak memiliki petugas keamanan ataupun tukang kebun. Anda bisa menawarkan diri untuk menjaga keamanan tersebut sembari menunggu pembeli datang ataupun menjadi tukang kebun di pagi hari sebelum membuka gerai.

Baca juga : Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Dari Rumah

Nah, Bagaimana ? Memulai bisnis atau usaha tidak harus tanpa modal besar.., Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare.,...
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon