Pengertian Software Komputer dan Jenisnya

Pengertian Software Komputer dan Jenisnya - Seperti diketahui bahwa dalam sebuah operasi komputer terbagi menjadi dua perangkat yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Di sini kita berfokus pada apa sebenarnya pengertian software lebih spesifik.

Software adalah perangkat lunak yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Software juga adalah data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau piranti lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah atau program.

Berikut Beberapa jenis dari Software :


  • Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  • Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  • Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  • Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  • Perangkat lunak gratis (freeware)
  • Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
  • Perangkat lunak perusak (malware)


Mungkin pemahaman mengenai software komputer dan jenisnya bisa kalian pahami dengan mencermati penjelasan di atas. adapun kalian yang ingin dan suka download software komputer gratis bisa mengikuti artikel saya di sini dimana kalian bisa menemukan Software komputer gratis yang aman dari kejahatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat

Mungkin Anda Juga Ingin Melihat :

0 Comments


EmoticonEmoticon