Perbedaan Asam Lambung Dan Maag | Jangan Salah Apalagi Memilih Obat

Advertisement
Anda semua pasti tahu kalau makanan dan minuman merupakan sumber yang paling diperlukan untuk kita manusia, layaknya "bahan bakar" supaya tubuh kita selalu dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

stomach, asam lambung, asam lambung naik, asam lambung tinggi, asam lambung kronis, asam lambung naik ke dada, perbedaan asam lambung dan maag, sakit lambung, penyakit, ibu hamil,


Walaupun sebenarnya termasuk kebutuhan pokok yang sangat penting, Namun sayang tidak sedikit dari kita jarang mengatur pola makan secara teratur atau kadang kelupaan dikarenakan terlalu sibuk hingga sampai telat makan.

Kalau hal tersebut terjadi sekali atau hanya dua kali sih tidak jadi masalah.

Tetapi kalau sudah menjadi kebiasaan dalam sehari-sehari, maka siap-siap menghadapi bahayanya dari sakit lambung seperti penyakit maag dan asam lambung.

Kedua penyakit lambung ini yaitu "Maag" dan "Asam Lambung" sering dianggap penyakit yang sama, padahal kedua penyakit tersebut memiliki perbedaan.

Nah, Apa yang membedakan antara kedua penyakit lambung ini Maag dan Asam lambung?

Mari kita simak penjelasan berikut, agar lebih paham lagi perbedaan dari kedua penyakit tersebut.

Perbedaan Asam Lambung Dan Maag


Penyakit Asam Lambung


Penyakit asam lambung adalah sebuah kondisi tertentu dimana cairan yang berada di dalam lambung naik tinggi ke kerongkongan (esofagus).

Dikenal juga dengan nama penyakit "Gastroesophageal Reflux Disease" (GERD), terjadi karena disebabkan lingkaran otot di sekitar bagian bawah kerongkongan (esofagus) tidak bekerja secara sempurna.

Normalnya lingkaran otot tersebut harus berfungsi sebagai mana mustinya layaknya seperti pintu otomatis tertutup pada saat makanan dan minuman sudah masuk ke dalam lambung.

Dan inilah yang terjadi kepada para penderita asam lambung.

Akibat pintu otomatis tersebut sudah mulai hilang fungsinya sedikit demi sedikit dan tidak dapat lagi menutup secara sempurna, akan menyebabkan "asam lambung" tadi naik ke kerongkongan.

Jadi dari sebab itu pada saat asam lambung sedang kambuh, para penderita umumnya akan mengeluhkan rasa panas dan terasa terbakar di sekitar bagian ulu hati.

Kenapa bisa sakit lambung? Ya.., karena hal tersebut yang menjadi penyebabnya.

Tidak hanya itu, tapi rasa sakit terkadang disertai seperti mual serta susah untuk menelan makanan.

Nah, sampai disini Anda sudah paham kan tentang apa yang menyebabkan asam lambung naik?

Penyakit Maag


Maag atau disebut juga dengan nama "gastritis" yang mana merupakan sebuah kondisi pada bagian perut dan terasa sangat nyeri yang disebabkan karena adanya peradangan, iritasi, atau pengikisan pada dinding lambung.

Penyakit Maag sendiri umumnya diakibatkan karena adanya :

  • Bakteri Helicobacter pylori (Hpylori)
  • Sering konsumsi obat-obatan tertentu
  • Stres
  • Serta bertambahnya usia.


Bukan hanya itu, tetapi penyakit pada lambung yang satu ini juga bisa disebabkan karena seringnya mengkonsumsi makanan pedas, minuman yang memiliki kandungan "SODA" dan makanan yang rasanya terlalu asam.

Nah, jadi maag juga terkadang langsung terjadi karena dipicu oleh makanan dan minuman seperti itu.

Penderita penyakit maag umumnya merasakan nyeri pada bagian perut seperti mual, tertusuk, dan kepala terasa pusing.

Jadi ada perbedaan diantara kedua penyakit ini, jangan salah dalam membedakannya.

Dan kalau ada diantara Anda mengalami penyakit maag dan merasakan seperti diatas, pertolongan pertama buat orang yang kena penyakit maag bisa dengan :


  • Minum obat asam lambung dan maag
  • Air hangat
  • Serta beristirahat sejenak


Tetapi kalau rasa nyeri tidak kunjung hilang, sebaiknya langsung periksakan ke dokter supaya mendapatkan pemeriksaan secara lanjut.

Jadi, kalau ada diantara para pembaca blog SUKMAGIE yang sedang mengalami beberapa gejala-gejala pada lambung seperti di atas, ada baiknya periksakan diri anda ke dokter sebelum membeli oba

Karena kalau hanya mengandalkan obat maag di apotik tanpa terlebih dahulu memeriksakan ke dokter, takutnya obat yang anda beli belum tentu bisa dengan cepat menyembuhkan asam lambung anda, atau hanya berkisar penyembuhan sementara.

Selain harus memeriksakan kondisi penyakit lambung ke dokter, penderita biasanya dianjurkan untuk tetap beristirahat paling tidak sekitar seminggu tergantung dari kondisi si pasien penderita maag.

Biasanya pada minggu pertama, penderita dilarang dulu untuk mengonsumsi makanan yang bersifat terlalu kasar biar tingkat keasaman tidak naik dan tinggi, jadi mengonsumsi bubur adalah pilihan utama buat pasien penderita maag.

Selain itu, selalu hindari makanan-makanan yang rasanya asam dan pedas, minuman dengan kandungan soda, serta hentikan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti "kentang" dan juga buah yang baunya tajam, contoh buah durian.

Tips Pencegahan:


Biar penyakit asam lambung dan maag yang Anda derita cepat sembuh, selalu memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi seperti diatas terutama jangan keseringan terlambat makan.

Dan buat orang-orang yang ingin selalu mencegah penyakit lambung seperti ini, Spirulina atau biasa disebut dengan makanan para astronot ini bagus untuk dikonsumsi setiap hari buat Anda yang selalu telat makan entah karena kelupaan atau sengaja menunda pada saat waktu makan.

Spirulina | Cara Cepat Mencegah Asam Lambung Dan Maag

Apalagi buat Anda seorang ibu yang sedang hamil, lantas asam lambung naik saat hamil bisa mencoba Spirulina Capsule.

Semoga dengan memahami apa perbedaan asam lambung dan maag ini, Anda bisa lebih mudah untuk mencegah dari penyakit maag akut maupun kronis. Semoga bermanfaat.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon