Bisnis Kecil juga Bisa Sukses dengan Cara Ini

Advertisement
Bisnis Kecil juga Bisa Sukses dengan Cara Ini - Mungkin anda pernah berpikir bahwa bisnis kecil-kecilan selamanya akan tetap menjadi kecil. Sebaiknya jangan menghilangkan stigma seperti itu, karena pada nyatanya bisnis kecil-kecilan juga bisa menjadi usaha yang sukses, asalkan anda memiliki strategi yang pas dan tekun dalam menjalaninya.

Bisnis Kecil Sukses

Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan agar bisnis kecil-kecilan anda semakin berkembang :



1. Memiliki Perencanaan Bisnis yang Matang


Strategi pemasaran selalu dimulai dengan P, yaitu Planning atau perencaan. Tanpa perencanaan yang matang, besar kemungkinan bisnis anda akan gagal. Buatlah target utama anda di tahun ini, siapa saja konsumen yang menjadi target pemasaran anda, apakah orangtua, remaja, anak, seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk memulainya, berapa biaya operasional yang harus dikeluarkan di setiap bulannya, dan lain sebagainya.

Anda harus tahu dan paham bagaimana bisnis anda, apakah akan menguntungkan atau malah merugikan. Jika sejak awal anda sudah tahu gambaran sesungguhnya, akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Baca juga : Berbisnis Dengan Menjadi Dropshipper

2. Menggunakan Media Online Sebagai Sarana Promosi


Saat ini sudah zamannya internet, dimana hampir semua orang menjadikan internet sebagai bagian dari keseharian. Begitu juga dengan dunia bisnis. Selain secara offline, anda juga dapat menjalankan pemasaran melalui media online. Yang harus anda lakukan adalah menggantungkan promosi anda pada internet. Buatlah sebuah website yang menarik, account Facebook dan Twitter untuk memperkenalkan usaha anda, account Instagram untuk menyebarkan foto-foto usaha anda, account Youtube untuk memperlihatkan usaha anda secara audio visual.

Tampilkan produk-produk anda secara rinci pada website, baik itu foto, deskripsi,  dan harga. Sebarkan link website tersebut melalui Facebook dan Twitter. Sebarkan juga link video usaha anda pada Youtube melalui kedua sosial media tersebut. Buatlah status yang bersahabat, baik itu di Facebook maupun Twitter. Ajak para follower untuk menggunakan produk anda. Berikan sesekali diskon ataupun hadiah menarik bagi pelanggan yang setia. Dengan begitu, akan bermunculan pelanggan-pelanggan setia yang lainnya.

3. Menerima Kartu Kredit dalam Transaksi Pembayaran


Kebanyakan bisnis berskala kecil cenderung tidak menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, karena dianggap terlalu berlebihan jika dilihat pendapatan yang tidak sebesar bisnis berskala besar. Namun pada kenyataannya, kartu kredit tak lagi menjadi alat pembayaran kedua, melainkan yang utama. Karena itu, terimalah kartu kredit sebagai transaksi pembayaran. Selain dapat memuaskan pelanggan, hal itu juga dapat membuat bisnis anda didatangi oleh banyak pelanggan.

4. Membuat Iklan


Periklanan memiliki banyak fungsi, namun di antara sekian banyak itu, ada beberapa fungsi penting dari adanya iklan, yaitu informing, konsumen akan sadar dengan produk anda setelah melihat iklannya, persuading, konsumen akan terbujuk untuk mau mencoba produk anda, reminding, konsumen akan selalu mengingat merek perusahaan anda, adding value, merek perusahaan anda akan mendapat nilai tambah.

Karena itu, penting bagi anda untuk mengiklankan produk anda. Gunakanlah website, Surat kabar, Billboard di jalan raya, Facebook ads, Google Adwords dan sebagainya. Kemampuan beriklan secara efektif akan membantu anda dalam menarik banyak pelanggan. Dengan begitu bisnis anda akan meningkat dengan cepat.

5. Menyimpan Catatan Keuangan


Pengelolaan bisnis tidak cukup jika hanya mengandalkan ingatan. Buatlah catatan lengkap mengenai keuangan usaha anda. Catatlah setiap uang yang keluar dan masuk, lalu cocokkan dengan saldo yang ada setiap hari. Sebaiknya gunakan sistem komputer agar proses pencatatan dapat berjalan lebih mudah. Dengan begitu, anda dapat mengawasi lalu lintas uang dan dapat memastikan bahwa tidak ada uang yang terselip.

Baca juga : Usaha Sampingan Terbaru 2018 Untuk Ibu Rumah Tangga Dari Rumah

Semoga bermanfaat
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon