Apa itu kolagen, Manfaat, Sumber, Perlukah Kolagen Terutama Buat Wanita

Advertisement
Anda mungkin mengenali kolagen atau Collagen sebagai ramuan pemutih kulit dalam bentuk Cream, Lotion tubuh maupun wajah favorit Anda.

Apa itu kolagen

Tapi Tahukah Anda Apa Itu Kolagen ?

Tepatnya, dan bagaimana supaya kolagen didalam tubuh bisa tetap terjaga?

Kolagen adalah protein yang paling banyak di dalam tubuh kita, terutama kolagen jenis atau tipe 1. Ini ditemukan pada kulit, tulang, pembuluh darah, otot, sistem pencernaan serta tendon.

Dan Inilah yang sangat membantu dalam memberi kekuatan serta elastisitas terhadap kulit anda, bersamaan dengan mengganti sel kulit mati. Ketika sampai ke persendian dan tendon kita, dalam istilah yang paling sederhana, ini adalah "lem" yang membantu menahan tubuh bersama-sama.


Produksi kolagen di dalam tubuh kita secara alami akan mulai melambat seiring bertambahnya usia. Kita bisa mengetahui atas proses degeneratif ini untuk tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kulit kendur dan nyeri sendi karena tulang rawan yang lemah.

Faktor gaya hidup lainnya seperti mengonsumsi makanan tinggi kadar gula, merokok serta seringnya terkena paparan sinar matahari yang tinggi juga berkontribusi pada berkurangnya tingkat kolagen di dalam tubuh.

Dan ditemukan kalau penyakit yang terkait kolagen paling sering timbul dari kombinasi cacat genetik, asupan makanan kaya kolagen yang buruk, kekurangan gizi dan masalah pencernaan yang mempengaruhi produksi (sintesis) kolagen.

Untungnya, mengkonsumsi makanan seperti kaldu dalam tulang hewan dapat memberi banyak protein vital ini, dan jika Anda bertanya-tanya apa itu kolagen dan apa manfaat kolagen ?

Apakah kolagen penting ada di dalam tubuh ?

Silahkan simak dan baca secara perlahan biar anda lebih memahaminya, terutapa buat para wanita.

Namun, buat anda pria yang kekurangan kolagen jangan khawatir, anda juga bisa menemukan permasalahan kekurangan kolagen untuk pria di akhir artikel.

7 Manfaat Kolagen


1. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan terus menurun. Dan secara fisik anda bisa merasakannya seperti: kulit yang mulai kendur, lebih banyak keriput dan kulit kurang elastisitas.

Meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang, elastis meningkatkan kelancaran, dan membantu sel kulit Anda tetap terperbaharui dan memperbaikinya secara normal.

Studi double blind, placebo-controlled yang menyelidiki sifat anti penuaan kolagen telah menemukan bahwa 2,5 hingga 5 gram kolagen hidrolisat yang dikonsumsi pada wanita berusia 35-55 sekali sehari selama delapan minggu secara signifikan meningkatkan elastisitas kulit, kelembaban kulit dan terhindar dari kekeringan kulit dan kekasaran kulit.

Hal ini membuat kolagen menjadi salah satu bahan perawatan kulit alami terbaik yang tersedia dalam berbagi bentuk.

Kolagen bahkan mampu mengurangi selulit dan stretch mark. Ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat penurunan kolagen, ada efek samping lain seperti selulit mulai nampak terlihat. Ini disebabkan karena kulit semakin lebih tipis, selulit pun menjadi lebih jelas kelihatan - tidak ada lagi persembunyian apa yang terjadi di bawah permukaan.

Jadi dengan meningkatkan elastisitas kulit Anda melalui asupan kolagen yang cukup, akan membantu mengurangi dimpling terhadap kulit Anda.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit

2. Mengurangi nyeri sendi dan degenerasi

Pernahkah Anda merasa seperti kaki tiba-tiba kesemutan, terasa kaku dan menyebabkan rasa sakit saat Anda gerakkan?

Nah, ini disebabkan kolagen dalam tubuh sudah mulai berkurang. ketika kita kekurangan sampai kehilangan kolagen, tendon dan ligamen kita mulai bergerak dengan mudah, menyebabkan kekakuan, persendian bengkak dan masih banyak lagi penyakit persendian yang akan menyerang akibat dari kekurangan kolagen.

Kolagen dengan strukturnya yang menyerupai gel dan halus yang menutupi dan menahan tulang kita, asupan kolagen yang cukup akan memungkinkan kita meluncur dan bergerak tanpa rasa sakit.

Jadi pikirkan minum lebih banyak kolagen seperti halnya mengoleskan minyak pada engsel pintu yang berderit. Ini membantu sendi Anda bergerak lebih mudah, mengurangi rasa sakit yang sering dikaitkan dengan penuaan dan bahkan mengurangi risiko kerusakan sendi.

Dan tidak mengherankan jika sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kolagen adalah pengobatan yang efektif untuk mengobati osteoarthritis dan nyeri sendi serta kelainan lainnya.

3. Membantu Menyembuhkan Penyakit Usus

Jika Anda menderita sindroma sindrom bocor , kondisi dimana racun buruk bisa masuk melalui saluran pencernaan Anda, kolagen bisa sangat membantu. Ini membantu memecah protein dan menenangkan lapisan usus Anda, menyembuhkan dinding sel yang rusak dan menanamkannya dengan asam amino penyembuhan.

Manfaat pencernaan terbesar untuk mengkonsumsi lebih banyak kolagen adalah membantu membentuk jaringan ikat dan oleh karena itu "menyegel dan menyembuhkan" lapisan pelindung saluran pencernaan.

Hari ini, kita tahu bahwa banyak penyakit sebenarnya dapat ditelusuri kembali ke peradangan atau iritasi yang berasal dari usus yang tidak sehat.

Kesehatan usus yang buruk, termasuk perubahan mikrobiom dan permeabilitas usus di lapisan usus, memungkinkan partikel masuk ke aliran darah di mana mereka bisa melepaskan kaskade inflamasi (oleh karena itu nama sindrom usus bocor).

Studi telah menemukan bahwa pada pasien dengan penyakit usus inflamasi, konsentrasi kolagen serum menurun.

Karena asam amino dalam kolagen membangun jaringan yang melapisi saluran usus besar dan usus,  ditambah dengan kolagen dapat membantu mengatasi gejala dan gangguan gastrointestinal, termasuk sindrom usus bocor, IBS, acid reflux , penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Selain membantu menyembuhkan usus yang bocor, kolagen juga membantu penyerapan air dalam usus, menjaga agar benda bergerak lebih leluasa keluar dari tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme, Massa Otot dan Energi


Dorongan dalam kolagen dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda dengan menambahkan massa otot ke tubuh Anda dan membantu konversi nutrisi penting. Salah satu peran paling penting dari glisin adalah membantu membentuk jaringan otot dengan mengubah glukosa menjadi energi yang memberi makan sel-sel otot.

Dan ingat bahwa mempertahankan massa otot sangat penting seiring bertambahnya usia, karena membantu menopang postur tubuh, kesehatan tulang dan membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

5. Memperkuat Kuku, Rambut dan Gigi

Pernah mengalami kuku mengupas dan membelah?

Nah, kekurangan kolagen bisa jadi penyebabnya.

Protein kolagen juga pembangun jaringan kuku, rambut dan gigi Anda. Mengonsumsi kolagen dapat membantu kuku Anda tetap kuat dan juga menjauhkan anda dari tanda-tanda kerontokan rambut.

6. Meningkatkan Kesehatan Hati 

Jika Anda ingin detoksifikasi zat berbahaya dari tubuh Anda, memperbaiki aliran darah dan menjaga jantung Anda tetap muda, asupan kolagen yang cukup akan sangat membantu. Itu karena glisin membantu meminimalkan kerusakan pada pengalaman liver Anda saat menyerap zat asing, toksin yang seharusnya tidak melewatinya.

7. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular

Prolin asam amino membantu dinding arteri Anda melepaskan penumpukan lemak ke dalam aliran darah, mengecilkan lemak di arteri dan meminimalkan akumulasi lemak. Proline diperlukan untuk memperbaiki jaringan di dalam sendi dan arteri, ditambah lagi membantu mengendalikan tekanan darah. Sebagai bagian dari kolagen yang ditemukan di dalam persendian, ia menyangga tubuh kita dari efek getaran atau kejutan dan membantu kita berpegang pada tulang rawan yang berharga seiring bertambahnya usia.

Selain itu, arginin membantu produksi nitrat oksida, yang memungkinkan vasodilatasi lebih baik - yang berarti pelebaran arteri dan relaksasi sel otot dan pembuluh darah yang memungkinkan sirkulasi lebih baik.

Apa itu kolagen Jenis dan Dari Mana Sumber Kolagen

Fakta yang sedikit diketahui adalah bahwa setidaknya ada 16 jenis macam kolagen yang berbeda di dalam tubuh manusia. Ini termasuk tipe kolagen 1, 2, 3, 5 dan 10. Namun, sebagian besar dari jenis kolagen antara 80 persen hingga 90 persen, terdiri dari jenis 1, 2, 3. Kolagen tipe / jenis 1 yang khusus memberi sumbansi hampir kurang lebih dari 90 persen pasokan tubuh yang sesuai dengan beberapa penemuan.Tapi, ada juga berbagai jenis kolagen yang ditemukan pada makanan tertentu atau digunakan untuk membuat produk dan suplemen kolagen.


Berikut adalah tentang berbagai jenis kolagen, sumber kolagen dan manfaat utamanya :



Kolagen Tipe 1 :

Ini adalah yang paling banyak, dan hampir dianggap sebagai jenis kolagen terkuat yang ditemukan di tubuh manusia. dan terdiri dari (serat eosinofilik) yang mana membentuk bagian pada tubuh, termasuk organ, ligamen, tendon serta kulit (dermis). kolagen Tipe 1 juga sangat membantu dalam pembentukan tulang serta bisa didapatkan di dalam saluran (GI). Dan ini begitu penting dalam penyembuhan luka, menjadikan kulit yang kendur atau melar menjadi elastis, dan memegangi jaringan sehingga tidak sobek.

Kolagen Tipe 2 :

Kolagen tipe 2 terutama membantu membangun tulang rawan, yang ditemukan di jaringan ikat. Kesehatan sendi kita bergantung pada tulang rawan yang terbuat dari kolagen tipe 2, itulah sebabnya mengapa asupan kolagen bermanfaat untuk mencegah nyeri sendi terkait dengan usia kita atau berbagai gejala arthritis.

Kolagen Tipe 3 :

Tipe 3 kolagen terbuat dari serat retikuler dan komponen utama matriks ekstraselular yang membentuk organ dan kulit kita. Biasanya ditemukan dengan tipe 1 dan membantu memberi kulit elastisitas dan kekencangannya. Ini juga membentuk pembuluh darah dan jaringan di dalam jantung. Untuk alasan ini, kekurangan kolagen tipe 3 dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk pembuluh darah pecah, demikian hasil dari penelitian hewan tertentu.

Kolagen Tipe 4 :

Kolagen Tipe 4 mempunyai peran penting dalam membentuk lamina basal, dan didapatkan pada sel endotel yang mana membentuk jaringan dan mengelilingi otot, organ, serta lemak. Lamina basal diperlukan buat berbagai fungsi syaraf serta pembuluh darah.

Mereka menyalurkan di sebagian besar organ pada pencernaan serta permukaan pernafasan kita. Lamina basal dapat ditemukan di ruang antara lapisan atas kulit / jaringan dan lapisan terdalam. Mereka adalah lapisan tipis cairan seperti gel yang menyediakan bantalan untuk jaringan di atasnya.

Kolagen Tipe 5 :

Kolagen jenis ini diperlukan untuk membuat permukaan sel, serta helai rambut dan jaringan yang ditemukan di plasenta wanita (organ yang berkembang di rahim selama kehamilan, memberi oksigen dan nutrisi pada bayi yang sedang tumbuh, dan membuang limbah ).

Kolagen Tipe 10 :

Tipe 10 membantu pembentukan tulang baru dan membentuk kartilago artikular. Ini terlibat dalam proses pengerasan endochondral, yaitu bagaimana jaringan tulang terbentuk pada mamalia. Telah ditemukan bermanfaat untuk penyembuhan patah tulang dan memperbaiki sendi sinovial.

Ketika sampai pada sumber kolagen yang kita dapatkan dari makanan kita, yang utama adalah makanan yang sangat tinggi proteinnya , termasuk selaput daging sapi, ayam, ikan dan selaput telur.

Sumber Kolagen


kolagen sapi :

Kolagen sapi berasal dari sapi, khususnya dari kulit, tulang dan otot sapi. Ini terbuat dari kebanyakan menyediakan kolagen tipe 1 dan 3, yang sangat sesuai mengingat jenis ini paling banyak diciptakan dan ditemukan di tubuh manusia. Ini adalah persediaan glisin dan prolin yang kaya, dan karena itu sangat bermanfaat untuk produksi creatine , membangun otot dan juga membantu tubuh memproduksi kolagen sendiri.

Kolagen ayam :

Jenis kolagen yang paling melimpah ada pada ayam, menyediakan kolagen tipe 2, yang dimana bermanfaat untuk membangun tulang rawan. Hal ini membuatnya bermanfaat bagi kesehatan sendi, terutama karena sumber ini juga menyediakan kondroitin sulfat dan glukosamin sulfat - keduanya memiliki efek anti penuaan. Kebanyakan suplemen yang mengandung kolagen biasanya menggunakan kolagen ayam dan memberikan manfaaf buat kolagen tipe 2.

Kolagen ikan :

Kolagen yang berasal dari ikan telah ditemukan mudah diserap dan menyediakan kolagen tipe 1, dengan asam amino glisin, prolin dan hidroksiprolin. Karena tipe 1 dapat ditemukan di seluruh tubuh, mengkonsumsi lebih banyak kolagen ikan sangat terkait dengan manfaat untuk sendi, kulit, organ vital, pembuluh darah, pencernaan dan tulang. Hydroxyproline adalah komponen penting dari triple helix kolagen, dan tingkat yang lebih rendah telah dikaitkan dengan degradasi sendi dan oleh karena itu gejala / tanda penuaan.

Hydroxyproline diperlukan untuk stabilitas kolagen dan dibuat dengan memodifikasi asam amino prolin normal setelah rantai kolagen terbentuk. Reaksi ini juga membutuhkan vitamin C (untuk membantu penambahan oksigen), karena itulah kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kelainan pada tingkat kolagen.

Kolagen selaput kulit telur :

Kolagen telur, ditemukan di kulit kerang dan putih telur, mengandung kolagen tipe 1. Ini juga memiliki tipe 3, 4 dan 10, tapi sejauh ini tipe 1, sama seperti tubuh manusia (kira-kira 100 kali lebih tipe 1 daripada tipe 4).

Menyediakan glucosamine sulfate, chondroitin sulfate, hyaluronic acid dan berbagai asam amino yang memiliki manfaat untuk membangun jaringan ikat, penyembuhan luka, membangun massa otot dan mengurangi rasa sakit / kekakuan.

Fakta Tentang Nutrisi Kolagen



Seberapa perlunya kolagen (dan protein terkait lainnya seperti gelatin) untuk tubuh Anda?

Kolagen sering disebut sebagai "protein kompleks," yang tidak mengherankan mengingat mengandung 19 asam amino berbeda. Ini termasuk gabungan keduanya yang tidak penting (juga disebut kondisional) dan tipe penting. Kolagen adalah cara yang sangat bagus untuk mendapatkan lebih banyak asam amino, seperti arginin, glutamin, glisin dan prolin. Kolagen terdiri dari tiga rantai, saling melintang di heliks tiga heliks yang ketat. Setiap rantai lebih dari 1.400 asam amino lama!.

Prolin dan glisin adalah jenis utama asam amino yang ditemukan dalam rantai kolagen. Baik prolin dan glisin adalah dua asam amino penting yang tidak berlimpah pada daging hewan, di situlah kebanyakan orang makan "makanan luar" mendapatkan sebagian besar protein. Ini berarti bahwa orang-orang kekurangan asam amino ini dalam makanan mereka, karena mereka secara teratur menghindari makan beberapa sumber alami terbaik (seperti daging).

Untuk alasan yang akan Anda lihat di bawah, asam amino "tidak penting" sebenarnya sangat penting, jadi jangan biarkan namanya membodohi Anda! Dalam keadaan normal mereka diproduksi oleh tubuh Anda. Namun, pada saat Anda sakit, stres fisik atau emosional, atau kurang sehat, tubuh Anda mungkin tidak dapat memproduksi cukup banyak asam amino sendiri. Tubuh kemudian membutuhkan bantuan dari sumber luar, terutama suplemen pembantu, untuk mendapatkan.

Persentase tertinggi asam amino yang ditemukan di dalam kolagen, bersamaan dengan beberapa manfaat utamanya, meliputi :

Proline :

Proline membuat hampir 15 persen kolagen. Proline dan glisin, khususnya, memainkan peran utama dalam memastikan tubuh Anda berjalan dengan lancar. Proline membantu melindungi integritas pembuluh darah, memperbaiki kesehatan sendi dan memiliki berbagai manfaat kardiovaskular.

Glycine :

Sekitar sepertiga protein yang ditemukan dalam kolagen adalah glisin . Sementara ukuran yang baik itu adalah asam amino terkecil, glisin memiliki efek yang besar. Untuk memastikan sel kita berfungsi dengan baik, glisin membantu membangun untai DNA sehat. Ini juga satu dari tiga asam amino yang membentuk creatine, yang mendorong pertumbuhan otot yang sehat dan meningkatkan produksi energi selama latihan.

Glutamin :

Dianggap sebagai salah satu asam amino terpenting dan melimpah di dalam tubuh, glutamin keduanya tercipta di dalam otot kita dan juga didapat dari sumber makanan. Penelitian menunjukkan bahwa glutamin memiliki manfaat untuk mencegah kecemasan, ketegangan, gangguan tidur atau insomnia, kurang konsentrasi, kesehatan pencernaan yang buruk, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan energi rendah.

Glutamin memiliki efek positif dari produksi hormon pertumbuhan, yang dapat memperbaiki aspek kesehatan mental, seperti membantu meningkatkan perasaan "ketenangan batin". Nitrogen, yang diciptakan oleh glutamin dalam jumlah tinggi, juga membantu penyembuhan luka dan mencegah penyakit otot dan nyeri sendi.

Arginine :

Arginine juga biasa disebut L-arginine yang memecah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh, yang merupakan senyawa penting untuk kesehatan arteri dan jantung. Arginine juga telah terbukti memperbaiki sirkulasi, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki pengaruh positif pada libido pria.

Bagaimana dengan gelatin?

Penasaran apakah kolagen berbeda dengan gelatin dan bagaimana perbedaannya dengan protein lain yang sudah ditemukan di dalam tubuh? Apakah kita memerlukan suplemen kolagen untuk memastikan kita mendapatkan asupan yang cukup?

Anda mungkin pernah mendengar kolagen dan gelatin yang disebutkan dalam kata yang sama. Itu karena gelatin berasal dari kolagen, saat kolagen rusak, itu menjadi gelatin. Contoh misalnya, bagaimana gelatin bekerja, Prosesnya bisa didapatkan dalam memasak kaldu tulang hewan, tulang dipenuhi kolagen, dan pada saat tulang dalam keadaan mendidih selama proses memasak dan berlangsung lebih dari 1 hingga 2 hari, kolagen secara perlahan-lahan pecah dan menjadi gelatin. .

Gelatin sebenarnya adalah salah satu makanan pertama yang digunakan sebagai pengobatan medis di China kuno. nenek moyang kita menyadari bahwa makanan adalah obat sejak dini! Gelatin sangat bagus untuk penderita alergi makanan atau kepekaan. Ini bahkan membantu tubuh mereka mengelola makanan yang sulit dicerna lebih baik dalam jangka panjang dengan membantu memperbaiki bagian saluran GI.

Sebagai sumber gelatin yang begitu kaya akan manfaat, sumber kolagen seperti dari kaldu tulang hewan bisa memfasilitasi penyembuhan pada lapisan mukosa, yang artinya perbaikan dalam penyerapan nutrisi serta risiko menjadi lebih kecil pada pedenderita usus yang bocor. Jadi dengan kata lain, gelatin juga kaya akan khasiat seperti kolagen, hanya dalam bentuknya saja yang berbeda.

Nenek moyang kita sangat menyukai makanan yang mengandung kolagen sebagai cara alami, sejak makanan tradisional sebelumnya memasukkan seluruh makanan hewani. Sederhananya, mereka memakan banyak dari bagian hewan, seperti kulit, tendon dan ligamen, yang sekarang kita biasanya hindari atau buang.

Untungnya, sekarang menjadi lebih mudah untuk mendapatkan asupan kolagen. Salah satu cara favorit dan terbaik orang-orang dalam memenuhi asupan lebih banyak kolagen adalah dengan mengkonsumsi supplement collagen terbaik yaitu Collagen Softgels.

Ini adalah cara yang sehat, dan tidak mengeluarkan banyak biaya dari pada harus tiap hari membeli bagian hewan yang mengandung kolagen untuk dimasak dan dimakan langsung. Minum Collagen Softgels lebih praktis dan hemat serta jauh dari efek samping.

Pikiran Akhir tentang Apa itu Kolagen?

Penting untuk dicatat bahwa ada banyak faktor yang mendukung pembentukan dan penggunaan kolagen dalam tubuh seperti vitamin C, tembaga, prolin dan makanan yang mengandung antosianidin tinggi (seperti blueberry, ceri dan blackberry). Agar kolagen dapat diaktifkan di dalam tubuh, Anda selalu ingin mengambil suplemen Anda dengan sumber asam amino dan vitamin C jika memungkinkan, atau pastikan suplemen Anda sudah termasuk nutrisi pengaktif ini untuk memastikan penyerapan dan kegunaan.

Selain itu, sementara banyak krim dan bubuk mengklaim merevitalisasi kulit dengan menambahkan kolagen, molekul dalam produk topikal ini biasanya terlalu besar agar kulit Anda benar-benar menyerap. Melalui manfaat collagen softgels, Anda akan memperbaiki tubuh Anda dari dalam ke luar. Dengan kata lain, Anda bisa menghemat uang Anda saat harus mengumpulkan kolagen langsung ke kulit Anda.

Terakhir, sadarilah bahwa makanan tertentu yang khusus mengandung asam amino dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen lebih banyak daripada yang lain. Produk hewani seperti telur, unggas, ikan dan susu semuanya bisa membantu meningkatkan pembentukan kolagen. Semoga bermanfaat.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon