Tahukah Kamu Mengapa Hari Minggu Libur ?

Advertisement
Mengapa Hari Minggu Libur ?

happy sunday

Mengapa Hari Bisa Minggu Libur ? - Tiap bangsa maupun negara memiliki tradisi libur yang pastinya berbeda. Seperti bangsa Arab menganggap kalau hari Jum’at adalah hari buat Ibadah sehingga pada hari tersebut masyarakat bangsa Arab pun libur. Lain pula dengan bangsa Yahudi, yang menganggap kalau hari sabtu adalah hari untuk ibadah, Jadi mereka libur pada hari tersebut.

Lalu bagaimana dengan hari minggu? yang mana merupakan hari libur di negara kita Indonesia serta mayoritas negara di dunia?

Begini sejarah dan ceritanya, tradisi libur pada hari Minggu asalnya dari tradisi bangsa Romawi Kuno tepatnya di negara Italia. Pada saat itu masyarakat Romawi Kuno melakukan ibadah pada hari Minggu. Jadi sebab itu, masyarakat Romawi pada libur pada saat hari Minggu. Dan seelain itu, masyarakat Romawi juga selalu menandai kalau hari libur serta hari-hari penting ditandai dengan warna merah.

Waktu itu masyarakat Romawi menguasai beberapa Negara di Eropa. Kekuasaan bangsa Romawi sampai Jerman, Inggris, Perancis, Belanda, dan lain-lain. Dan tradisi libur pada hari Minggu ini pun kemudian diterapkan pada Negara-Negara jajahan Bangsa Romawi.


Dan ini termasuk Negara Belanda. Dan Negara Belanda pun kemudian menjajah bangsa Indonesia kurang lebih selama 350tahun. Dan orang-orang Belanda yang berada di Indonesia pun menerapkan tradisi hari libur tepat pada hari Minggu.

Dan sampai saat ini, tradisi libur pada hari Minggu pun masih diterapkan di Negara kita Indonesia. Alasannya adalah, Karena selama 6 hari, di mulai hari senin sampai sabtu,  masyarakat di negara kita sudah bekerja keras dan juga butuh libur. Pemerintah Indonesia pun menetapkan untuk hari Minggu sebagai hari libur Nasional. Kalender Indonesia yang terbit juga mewarnai hari-hari libur lainnya dengan warna merah. Tradisi libur pada hari Minggu ini pun tetap digunakan di banyak Negara hingga kini. Termasuk juga menandai tanggal- tanggal yang penting dengan warna merah.
Advertisement

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon