Hindari Mie, Sawi dan Alasannya

Alasan Untuk Meminimalkan Konsumsi Mie dan Sawi (sukmagie blog) 
Alasan Untuk Meminimalkan Konsumsi Mie dan Sawi (sukmagie blog) - Makanan asam dan pemicu keluarnya asam lambung tinggi tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih, jenis makanan dengan kandungan gas tinggi memicu keluarnya asam lambung tinggi dan sulit dicerna.

Bagi penderita gangguan lambung itu, mi dan sawi perlu dihindari. Gastritis atau lebih umum disebut maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Asupan makanan tertentu perlu dikontrol terlebih makanan yang kurang bersahabat.

“Biasanya anak kos pengin praktis sahur makan mi, hati-hati bagi yang punya maag, mie tidak baik untuk lambung,” jelas dokter penyakit dalam, Widiyatmoko di Bantul. Sebagai langkah pencegahan kambuhnya maag saat puasa, pantangan makanan penderita yang bisa meningkatkan naiknya asam lambung harus dikenali. Konsultan gizi di Jogja, Nurwanti menerangkan, selain mie yang mengandung karbohidrat yang lengket, jenis sayuran sawi juga harus dihindari.

Menurut Nurwanti, kebanyakan penjual mie instan menambahkan sayuran sawi untuk menu mi. Padahal, kedua jenis makanan itu kurang sesuai untuk penderita maag. “Sawi mengandung zat gas yang memicu munculnya asam lambung lebih tinggi, jadi kombinasi mi dan sawi untuk makan tidak baik untuk penderita mag,” tegas dia. Di samping dua jenis makanan ‘anak kos’ itu, beberapa jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat juga perlu dihindari atau paling tidak dikurangi konsumsinya. Beberapa di antaranya yaitu kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman bersoda.

Penderita maag, kata Nurwanti disarankan juga untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung yang sewaktu-waktu menyerang saat puasa. Untuk mengurangi hal itu, jenis-jenis makanan seperti kentang, brokoli, dan bubur menjadi salah satu pilihan menunya. “Selain menetralisasi asam lambung, makanan tersebut juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama,” katanya.

Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari:

- Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung yakni kopi, minuman beralkohol 5- 20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.

- Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makanan berlemak antara lain kue tart, coklat dan keju

- Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang

- Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan

- Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok karena memicu keluarnya asam tinggi.

Pengelola Blog : Sukmagie ~ ABDUL WAHAB

Judul : Hindari Mie, Sawi dan Alasannya
Ditulis oleh : Kejutan Internet pada 4 Oktober 2012
Rating Blog : 5 dari 5
Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Hindari Mie, Sawi dan Alasannya
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ini sangat bermanfaat bagi Blog dan teman-teman anda.
Namun jangan lupa harap memberikan link aktif dofollow ke URL
http://sukmagie.blogspot.com/2012/10/hindari-mie-sawi-dan-alasannya.html
Dan Terima kasih sekali lagi atas kunjungan Anda.

Kritik dan saran atau apapun bisa anda sampaikan melalui kotak komentar.
Dan mohon maaf jika komentar atau pertanyaan tidak bisa cepat saya respon,
karena Saya tidak bisa selalu online selama 24 Jam.

Disclaimer: Gambar, artikel maupun video yang ada di blog ini sebagian berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Forum Diskusi