Menang Pilkada, Jokowi Jadi Gubernur Baru Jakarta

Joko WidodoMenang Pilkada, Jokowi Jadi Gubernur Baru Jakarta (sukmagie blog) - DKI Jakarta memiliki gubernur yang baru. Joko Widodo dipercaya oleh masyarakat Jakarta memimpin ibu kota negara untuk periode 2012-2017. Meski baru unggul dari hasil perhitungan cepat, namun dengan selisih suara sekitar 10 persen mustahil akan ada perubahan hasil yang signifikan.

Gubernur Fauzi Bowo yang berharap mendapatkan mandat kedua, secara sportif sudah mengakui keunggulan Jokowi. Melalui komunikasi telepon yang dilakukan dengan Jokowi, Fauzi Bowo mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi dalam pemilihan gubernur di Jakarta.

Kita sangat menghargai sikap sportif yang diperlihatkan Fauzi Bowo. Di tengah kebiasaan para calon kepala daerah yang sulit untuk menerima kekalahan, Fauzi Bowo mengajarkan kepada kita untuk mau menjalankan prinsip dari demokrasi yaitu menghargai putusan yang telah diambil masyarakat pemilih.

Dalam jumpa pers di markas pendukungnya, Fauzi Bowo menyampaikan bahwa hasil suara yang dicerminkan dari perhitungan cepat merupakan putusan masyarakat Jakarta. Untuk itu ia mengajak semua pihak menghormati putusan itu dan berharap kepada mereka yang diberikan mandat agar sungguh-sungguh menjalankan tanggung jawab yang diberikan itu.

Fauzi Bowo mengajak kepada para pendukungnya dan seluruh masyarakat Jakarta untuk mendukung gubernur yang akan memimpin Jakarta kelak. Semua warga harus membantu gubernur dalam menjalankan tugasnya, karena keberhasilan seorang gubernur akan bermanfaat bagi seluruh rakyat.

Kita bersyukur juga melihat kedewasaan dari gubernur terpilih Joko Widodo. Kepada MetroTV, ia mengatakan bahwa kemenangan yang diraih tidak perlu harus disambut dengan eforia yang berlebihan. Sebab, ini bukanlah kemenangan dari sebuah lomba, tetapi kemenangan dalam menerima tanggung jawab.

Jokowi mengakui bahwa tugas yang dipikulnya sebagai Gubernur Jakarta sangatlah berat. Untuk itu ia memohon dukungan dari semua pihak. Termasuk dari Fauzi Bowo yang dinilainya telah bekerja luar biasa untuk membangun Jakarta dalam lima tahun terakhir ini.

Jokowi bahkan secara terbuka memohon bantuan dari Fauzi Bowo untuk bisa dibimbing dalam menjalankan tugasnya kelak. Sebagai orang yang berpuluh-puluh tahun bekerja di Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo merupakan orang yang tahu persoalan yang dihadapi Jakarta.

Sebuah demokrasi yang sehat telah dipertontonkan dalam pemilihan Gubernur Jakarta. Bagaimana calon-calon yang tampil menunjukkan kedewasaannya dan sikap untuk menghormati satu dengan yang lain.

Kita lihat bagaimana Jokowi tidak harus menepuk dada ketika terpilih sebagai gubernur yang baru. Ia bahkan dengan rendah hati menyampaikan permohonan maaf kepada Fauzi Bowo apabila dalam masa kampanye yang lalu, telah melakukan hal-hal yang tidak berkenan.

Oleh karena ini bukan kemenangan sebuah lomba, tetapi kemenangan akan sebuah tanggung jawab, memang tugas berat langsung menghadang di depan mata. Berbagai macam persoalan ibu kota mulai dari transportasi, banjir, pemukiman, kemiskinan, pengangguran, kesejahteraan rakyat, hingga tata kelola pemerintahan harus langsung ditangani Jokowi bersama Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Penyelesaian berbagai persoalan itu tidak semudah apa yang disampaikan dalam masa kampanye. Harus ada usaha yang keras dan terus menerus dilakukan agar semua persoalan yang mengimpit masyarakat Jakarta bisa diselesaikan.

Semua persoalan ini hanya bisa dituntaskan melalui kebersamaan. Oleh karena itu maka Jokowi harus mampu mengajak masyarakat menjadi bagian penyelesaian persoalan. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan, kunci keberhasilan seorang Gubernur Jakarta tergantung pada kemampuan untuk mendengar kemauan rakyatnya.

Jokowi merupakan kepala daerah yang mempunyai kekuatan dalam mendengar aspirasi rakyat dan merangkul mereka sebagai bagian dari penyelesaian persoalan. Itulah yang ia sudah kerjakan di Solo dan kemudian membawa dirinya sebagai salah satu wali kota terbaik di dunia.

Jokowi sendiri sudah mengatakan bahwa dirinya akan langsung bekerja. Yang akan selalu ia lakukan adalah dekat dengan masyarakat agar tahu apa yang diinginkan mereka. Selain itu meminta bantuan masyarakat untuk menyelesaikan semua persoalan yang ada.

Harapan baru memang dipikulkan ke pundak Jokowi. Kita tentu berharap harapan itu bisa terus dinyalakan. Salah satunya dengan setahap demi setahap menunjukkan hasil kerja yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Semoga saja kita bisa meraih masa depan Jakarta yang jauh lebih baik.

sumber

Pengelola Blog : Sukmagie ~ Wahab Woo Tekh

Judul : Menang Pilkada, Jokowi Jadi Gubernur Baru Jakarta
Ditulis oleh : Kejutan Internet pada 21 September 2012
Rating Blog : 5 dari 5
Terima kasih Karena Sudah Menyempatkan membaca artikel tentang Menang Pilkada, Jokowi Jadi Gubernur Baru Jakarta
Anda bisa menyebar luaskan atau mengcopy paste kalau artikelnya bermanfaat.
Tapi jangan lupa ya harap memberikan sebuah link aktif yang dofollow nya ke URL berikut
http://sukmagie.blogspot.com/2012/09/menang-pilkada-jokowi-jadi-gubernur.html
Terima kasih.

Disclaimer: Gambar, artikel atau video yang ada di blog sukmagie sebagian berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya di pegang oleh sumber yang kami cantumkan tersebut. Jika ada masalah terkait dengan hal ini, Anda bisa menghubungi kami disini.
Related Posts