Cara Praktis Merawat Laptop Agar Dapat Mempercepat Kinerja Laptop

Cara Praktis Merawat Laptop / netbook Agar Dapat Mempercepat Kinerja Laptop - Tingkat kebutuhan laptop selain smartphone saat ini di sejumlah lapisan masyarakat bisa dikatakan sangat tinggi seiring dengan kemajuan teknologi serta semakin populernya laptop daripada PC. Tetapi sayangnya, tidak sedikit para user (pengguna) tidak mengenal secara baik tentang laptop yang digunakannya, kebanyakan hanya tahu menjalankan sebuah program dasar yang sudah tersedia (software), tanpa di dasari pengetahuan tentang bagaimana cara merawat laptop yang mereka gunakan baik dari sisi internal dan external.

Merawat Laptop, Mempercepat Kinerja Laptop
Image source: pexels.com
Jika anda yang baru belajar menggunakan laptop tanpa tahu merawatnya siap-siap saja usia pemakaian laptop Anda sedikit demi sedikit akan berkurang dari kinerjanya.

Nah kali ini SUKMAGIE akan membagikan beberapa tips cara sederhana dan praktis dalam merawat serta menghindarkan laptop dari kinerja yang lambat juga dari kerusakan dini. Ini bisa sangat berguna dalam menambah umur pemakaian laptop Anda entah itu laptop merk Lenovo, Acer, Asus Rog dan merk lainnya.

Beberapa Cara Merawat Laptop Agar Dapat Mempercepat Kinerja Laptop


Gunakan Selalu Perangkat Pendingin Atau Kipas Angin Kecil


Laptop berbeda dengan PC karena di desain sedemikian kecilnya agar lebih mudah untuk di bawa kemana-mana sehingga sirkulasi udara pada laptop akan menjadi berkurang.

Hal ini tentu saja akan membuat suhu terutama di dalam hardware (perangkat keras) pada laptop mudah menjadi panas.

Dan ini akan sangat mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri, dan bahkan bisa sampai mengalami gagal operasi.

Jadi selalu gunakan perangkat pendingin atau setidaknya kipas angin kecil yang diarahkan langsung ke samping laptop atau pada ventilasi yang mengeluarkan hawa panas.

Hindari Menyimpan Beban Berat Terutama Di Atas Laptop


Menyimpan benda yang memiliki beban berat bisa memberikan cacat fisik untuk laptop Anda seperti tergores.

Bukan hanya itu, tetapi komponen elektrolis juga kalau sering tertindih maka akan sangat beresiko serta bisa saja anda akan mengeluarkan biaya lagi untuk hal yang satu ini.

Selalu Berhati-Hati Pada Saat Download Software / Spyware Yang Gratisan


Saat Anda mengakses dan menjelajah internet, pasti Anda akan sering menemukan software yang bisa di download secara gratis.

Terlebih lagi misalnya software tersebut bertuliskan ANTI VIRUS, jadi sangat perlu hati-hati dalam masalah seperti ini.

Jika sudah terjangkit maka urusannya akan bisa menjadi rumit sebab bukan keamanan yang bertambah pada laptop tetapi virus yang anda sendiri sebarkan pada laptop anda.

Nah kalau sudah seperti ini cara cepat untuk membasmi atau menghilangkan virus yang ada pada laptop adalah dengan cara Instal Windows lagi.

Jangan Terlalu Sering Menyimpan Laptop Di Lantai


Resiko laptop jika sering di letakkan pada lantai akan selalu di hinggapi debu entah itu debu yang beterbangan maupun dari dasar lantai, terlebih lagi kalau laptop dalam keadaan terbuka.

Resiko lainnya yang dapat diakibatkan adalah bukan tidak mungkin kalau saudara, keponakan atau anak anda mengira kalau itu sebuah mainan dan mereka langsung utak-atik, dan lebih parahnya lagi kalau laptop tersebut di injak-injak di kira gas mobil, akan jadi seperti apa laptop anda..? He....

Jadi, agar tidak lemot atau kena blue screen biasakan untuk

  1. Membersihkan laptop secara rutin
  2. Selalu gunakan kipas angin kecil atau perangkat pendingin khusus laptop
  3. Hindarkan laptop dari sinar matahari langsung
  4. Charger baterai laptop hanya pada saat hampir habis
  5. Rawat baterai laptop dan jangan sampai bocor karna bisa berpengaruh pada slot baterai
  6. Gunakan tas laptop khusus yang tidak terlalu sempit buat laptop
  7. Jangan sesekali membongkar laptop tanpa adanya pengetahuan yang cukup


Nah demikian beberapa tips cara praktis merawat laptop semoga dapat selalu mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot.

Mungkin Anda Juga Ingin Melihat :